Jumat, 29 April 2016

Belajar Menjadi Guru Les Private Yang Terbaik

Belajar Menjadi Guru Les Private Yang Terbaik - Saat ini kebutuhan masyarakat akan keberadaan guru les profesional yang berkualitas dan handal sangatlah tinggi. Oleh karena itu profesi guru les profesional tidak dapat dipandang sebelah mata. Banyak mahasiswa dan sarjana yang mencoba berprofesi sebagai guru les private menjahit. Ada yang melakukan hal ini sebagai pekerjaan sampingan tetapi ada juga yang melakukan nya secara profesional dan full time. Artinya profesi guru les dilakukan sebagai mata pencaharian yang utama.
Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang guru les  dicomplain siswa. Faktor-faktor tersebut tidak hanya bersifat teknis tapi banyak juga faktor yang bersifat non teknis. Karena seorang guru les mengajar seorang siswa yang bila dilihat dari segi umur masih dalam usia pertumbuhan dan perkembangan. ( 80 % siswa kami adalah remaja usia 13- 18 tahun ). Jadi sangatlah wajar bila faktor subjektifitas memegang peranan yang cukup besar.

Kesuksesan belajar dengan guru les privat ditentukan oleh banyak faktor, antara lain :

  • Faktor dari guru les
  • Faktor dari siswa
  • Faktor dari orang tua siswa
  • Faktor kecocokan antara siswa dengan guru private
  • Faktor dari lingkungan sekolah
  • Faktor dari lingkungan keluarga
 Di sini kami mencoba akan mengulas topik masalah dari faktor guru les.

Tidaklah mudah untuk menjadi guru les profesional yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi. Sepintas menjadi guru les privat adalah pekerjaan yang sepele, tetapi pada kenyataannya bila anda memang bersungguh -sungguh ingin menjadi guru les privat profesional yang handal dan qualified, maka anda harus bekerja keras dan serius meningkatkan kemampuan diri anda. Terutama dalam hal penguasaan materi.  Dengan menjadi guru les private professional anda dituntut untuk memiliki penguasaan materi pelajaran yang baik. Semakin baik penguasaan materi pelajaran yang anda kuasai maka anda akan memiliki kepercayaaan diri yang cukup tinggi untuk memberikan les privat.

Sebaliknya jika kemampuan anda kurang mumpuni, siswa dapat dengan jelas melihat kekurangan anda, karena anda tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan oleh siswa. Ketika anda memberikan  les privat,siswa dapat melihat dengan jelas kemampuan anda yang sebenarnya dan  anda pun tidak dapat menutupi kekurangan anda.  Bahkan tidak sedikit siswa yang " mengetest " guru les privat nya dengan memberikan soal-soal yang cukup menantang. Ia ingin mengetahui seberapa piawai nya anda dalam mengerjakan soal-soal pelajaran yang anda kuasai. Oleh karena itu tidak semua orang mampu menjadi guru les privat yang handal.

Faktor-faktor yang harus anda miliki bila ingin sukses menjadi guru les yang handal  :

Kecerdasan
Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk menjadi guru les yang handal anda harus cerdas, karena anda akan mendapat pertanyaan langsung dari siswa tentang materi pelajaran. Sebagai guru les anda dituntut untuk berfikir cepat dalam menyelesaikan soal pertanyaaan yang diajukan oleh siswa. Jadi kalo anda tidak cerdas anda akan sulit menghadapi hal ini. Apalagi jika anda mengajar mata pelajaran ilmu-ilmu eksakta  Matematika, Fisika dan Kimia untuk tingkat SMA, SIMAK UI dan Olimpiade. Menurut pendapat kami untuk menjadi guru les Privat matematika, fisika dan kimia tingkat SMA, SIMAK UI dan Olimpiade paling tidak anda harus memiliki IQ di atas 115.
    
Ilmu eksakta adalah ilmu yang mengandalkan kemampuan logika matematis dan pengambilan kesimpulan baik secara induktif maupun deduktif. Tetapi bila anda merasa cukup cerdas dan memiliki kemampuan matematika yang tinggi,mengajar pelajaran eksakta adalah hal yang mudah, mengasyikkan dan sangat menghibur, toh semuanya bisa diselesaikan secara logika. Mengajar ilmu-ilmu eksakta itu seperti bermain catur, ada kepuasan tersendiri bila kita mampu menaklukkan soal-soal yang sulit.

Penguasaan Materi
Ideal nya guru les privat adalah orang yang mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh siswa. Hal ini sangatlah wajar, karena siswa telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendatangkan guru les. Apalah artinya bila telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tetapi tidak memperoleh manfaat. Kalau pun anda tidak mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh siswa, yah...paling tidak anda harus menguasai minimal 90%.
    
Mengapa kami mematok nilai 90 % ? Karena berdasarkan pengalaman di lapangan ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan guru les dalam menjawab soal-soal pertanyaan siswa, salah satunya adalah faktor kelelahan dan tingkat kesulitan soal yang ditanyakan. Soal yang sulit membutuhkan energi berfikir yang lebih untuk menyelesaikan nya. Bila guru nya sudah lelah tentu hal ini sedikit banyak berpengaruh. Tetapi sebagai seorang yang profesional anda harus mampu mengatasinya. Penguasaan materi pelajaran yang baik  diperoleh melalui jam terbang yang tinggi. Semakin lama anda menekuni pekerjaan ini maka semakin baik penguasaan materi pelajaran yang anda miliki.
    
Menurut pendapat kami kombinasi antara kecerdasan dan penguasaan materi adalah dua hal yang saling bersinergi dalam menjawab soal-soal yang diajukan oleh siswa. Oleh karena itu sekalipun anda merasa cerdas, tidak ada salahnya bila anda selalu mengulang dan berlatih mengerjakan soal-soal. Anda harus menjadi orang yang ahli di bidang anda. Karena anda memang  dibayar untuk itu.

Menyukai Membaca
Seorang guru adalah orang yang mengajarkan dan mentransfer ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan diperoleh dengan cara belajar dan membaca. Jadi seorang guru haruslah pribadi yang gemar membaca dan menuntut ilmu.  Sebagai seorang guru sudah sepatutnya anda memberi contoh kepada siswa anda terhadap kegemaran membaca. Sebab dengan membaca kita akan memiliki pengetahuan yang luas. Sebagai insan yang menggeluti dunia pendidikan, kegemaran membaca harus menjadi bagian dari gaya hidup.. Seorang siswa akan merasa senang jika memiliki guru yang luas pengetahuannya. Guru yang pengetahuannya luas akan dapat memberikan jawaban yang meyakinkan kepada siswa nya. Seperti pada kursus private menjahit, dalam mencari bahan untuk membuat baju atau hanya sekedar menginformasikan harga mesin jahit murah atau peralatan menjahit lainnya, kita harus bisa menginformasikan secara tepat.
    
Selain itu kegemaran membaca dapat anda tularkan kepada siswa anda. Bila anda gemar membaca anda akan tahu mana buku yang baik dan mana buku yang kurang baik. Membaca juga dapat meningkatkan kosa kata yang anda miliki. Dengan memiliki kosa kata yang banyak anda diharapkan dapat menyusun kalimat dengan baik. Hal ini sangat berguna ketika anda menyampaikan materi pelajaran kepada siswa anda. Gaya bahasa orang yang gemar membaca tentu berbeda dengan gaya bahasa orang yang tidak pernah/ jarang membaca.

Memiliki Perpustakaan Pribadi
Seorang yang gemar membaca pastilah memiliki koleksi buku yang banyak. Bahkan bukan tidak mungkin koleksi bukunya selalu bertambah setiap bulannya. Sebagai seorang guru profesional anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas,khusus nya pada bidang study yang anda ajarkan. Umumnya ilmu pengetahuan ditulis dalam sebuah buku. Oleh karena itu anda harus memiliki kecintaan terhadap buku. Bukti bahwa anda cinta buku adalah anda memiliki perpustakaan pribadi tempat anda menyimpan koleksi buku yang anda miliki. Dengan memiliki perpustakaan pribadi anda seperti memiliki gudang yang isinya ilmu pengetahuan.

Menguasai Bahasa Inggris ( minimal pasif )
Bahasa Inggris adalah bahasa international. Bahasa yang menjadi bahasa pergaulan antar bangsa. Sangat banyak manfaatnya bila kita menguasai bahasa Inggris. Salah satunya adalah kita dapat menimba ilmu dengan lebih luas. Banyak buku-buku berkualitas yang belum diterjemahkan, tetapi bila kita menguasai bahasa Inggris hal itu bukanlah masalah.
    
Di Jakarta banyak sekolah Internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolah. Jika anda menguasai bahasa Inggris, maka job anda pun akan bertambah,sebab anda mempunyai kemampuan untuk memberikan les kepada siswa sekolah internasional. Alangkah baiknya jika anda mampu berbahasa Inggris secara aktif, tetapi seandainya pun tidak minimal pasif. Sebab sekolah-sekolah internasional di Jakarta banyak yang menggunakan text book berbahasa Inggris.
sumber : http://www.lesprivatesiccip12.com/index.php/biaya-les-privat/12-artikel/112-syarat-syarat-menjadi-guru-les-yang-berkualitas
https://papaly.com/User975653/8jGX5/My-First-Board

0 komentar:

Posting Komentar